Rumah Surga, cirinya Tanpa Teriakan

1. Kita semua ingin rumah tangga layaknya surga agar penghuninya betah di dalamnya.

2. Dan ketahuilah, ciri utama penduduk surga di antaranya bicara yg lembut. Tidak suka teriak atau membentak.

3. Kebiasaan berteriak justru merupakan ciri penduduk neraka (Qs. 35: ayat 37).

4. Maka jika ada suara teriakan di dalam rumah, itu artinya suasana surga sudah berganti suasana neraka. Bahaya!

5. Sebab, kebiasaan teriak atau bicara melebihi desibel suara normal akan mengeringkan cinta.

6. Sejatinya cinta adalah kelembutan. Dan tidaklah sesuatu disertai kelembutan kecuali akan memperhiasnya (Hadits).

7. Itulah kenapa bukti cinta kpd Allah diminta kita tuk berdzikir dgn suara yg lembut, tidak berteriak di hadapanNya (QS. 7: ayat 205).

8. Dan kebiasaan berteriak di dalam rumah tangga sejatinya akan mengurangi rasa cinta.

9. Sulit kita lihat sepasang kekasih yg dimabuk cinta berbicara sambil teriak2. Kebalikannya, mereka malah suka bisik-bisik.

10. Pelan.! Tapi nge-jlebb ke hati. Sebab meski tanpa suara, hati berteriak memproklamirkan cinta.

11. Penting bagi setiap keluarga yg merindukan suasana surga agar mengurangi teriakan di dalam rumah, terlebih untuk anak2 kita.

12. Kebiasaan berteriak atau membentak di depan anak diakui oleh para ahli akan mengaktifkan batang otak anak.

13. Batang otak itu yg disebut otak reptil atau otak refleks. Anak cenderung merespon masalah tanpa berpikir.

14. Diledek teman refleks memukul. Ini tersebab batang otaknya lebih dominan daripada korteksnya yg ajak dia tuk berpikir.

15. Anak yg batang otaknya menebal cenderung merespon sesuatu dgn prinsip ‘flight or fight’.

16. Solusi jarang keluar dari anak dgn model begini. Yang ada adalah puaskan emosi.

17. Maka anak-anak yg gampang marah, tawuran dan sebagainya bisa dibilang karena batang otaknya cenderung lebih dominan.

18. Dan kalau ditelusuri penyebab awalnya yakni kebiasaan dibentak atau diteriaki dari kecil baik oleh ortu atau guru.

19. Dampak berikutnya dari kebiasaan berteriak di hadapan anak adalah menghancurkan sel otaknya.

20. Satu kali teriakan kepada anak di bawah usia 5 thn akan menghancurkan 10 ribu sel otaknya setiap teriakan.

21. So, hitung deh udah berapa kali bentak anak. Kalikan 10 rb. Maka itulah dosa kita yg membuat anak kita gak pintar-pintar.

22. Dan berteriak ini belum tentu membentak. Bisa jadi sekedar bercanda untuk menyemangati. Ini tetap bahaya dan terlarang

23. Kalau mau teriak di lapangan aja dimana jarak ke anak kira2 seratus meter .

24. Kembali kepada inti rumah tangga surga. Yakni kebiasaan bicara lembut. Bahkan bisik-bisik di telinga anak menumbuhkan cinta

25. Tentu kelembutan ini bukan berarti abaikan ketegasan.

26. Sebab ketegasan itu bisa dilakukan tanpa harus teriak. 

27. So, jika ada yg teriak-teriak di rumah kita, katakan : ini rumah surga. Di surga bicaranya lembut. Hanya penduduk neraka yg suka teriak.

28. Kesimpulannya, jika ingin memperbaiki pola asuh dan hubungan harmonis dalam rumah tangga, perbaiki cara komunikasi kita.

29. Dengan perbaikan komunikasi, maka menjadi baiklah amalan kita yg lainnya (QS. 33: ayat 70-71).

SOLUSI PINJAMAN TANPA RIBA BERBASIS KOMUNITAS DAN SILATURAHMI

Ini bukan arisan yaa.. catet, bukan arisan. Kalau denger acara kumpul bareng bakal terbersit “waaa pasti ada arisannya nih!” Kapan dapetnya bergilir nunggu bertahun-tahun.. sampai ngampet hehe

Silaturahmi membuka pintu rejeki.. 

Bener banget tuh, orang yang setiap hari bertemu dengan banyak orang, kemana-mana punya teman, pas butuh gampang banget ada yang membantu. Beda dengan yang setiap hari hanya nongkrong di kamar aja, gak gaul.. Sekali punya masalah kelimpungan gak kenal siapa-siapa..
Berikut langkah-langkahnya,

1. Kumpulkan 10 orang yang akan menjadi anggota Kelompok Permodalan (PokDal). Jangan asal comot, pilih anggota yang sevisi, yang punya komitmen dan track record yang bagus. Kalau semua statusnya punya usaha, maka harus terbukti usahanya eksis dan berjalan. Lebih bagus kalau anggota semuanya tinggal di satu kota agar intens pertemuannya.

2. Bikin group WA atau Telegram yang jadi tempat kumpul online. Jadikan tempat untuk mastermind bisnis juga. Kalau ada acara kumpul bersama di rumah salah satu anggota dia yang menjamu, kalau kumpul di satu tempat makan, bayar sendiri-sendiri. Biasakan mandiri dan gak cari gratisan!

3. Pilih seorang ketua, bendahara dan sekretaris. Bergilir misal tiap tahun ganti kepengurusan.

4. Bikin satu rekening bersama, yang bisa diakses oleh semua anggota. Dalam 24 jam dana terpantau bersama.

5. Bikin kesepakatan, dari 10 orang ini tiap bulan ada simpanan wajib. Nilainya di sepakati. Bisa 200 ribu, 500 ribu, atau 1 juta. Nilainya harus sama, semakin besar semakin bagus, asal tidak memberatkan anggota lainnya.

6. Misal contoh 1 orang simpanannya disepakati 1 juta/bulan. Maka dalam 1 bulan terkumpul 10 juta, 2 bulan ada 20 juta, 3 bulan 30 juta, 4 bulan 40 juta, 5 bulan 50 juta dan seterusnya..

7. Bikin aturan main, hanya anggota PokDal yang boleh meminjam dana. Kebutuhan dana juga ditentukan: untuk modal usaha jangka pendek dan untuk pinjaman darurat. Tidak boleh dana dipinjamkan untuk kebutuhan konsumtif, misalnya beli motor baru atau HP baru..

8. Pinjaman Modal Jangka Pendek (PinMoJaPe) diberikan kepada anggota untuk modal bisnis dalam waktu maksimal 2 bulan. Akadnya bisa pinjam tanpa bagi hasil (pinjam 10 juta dalam sebulan kembalikan 10 juta juga), atau dengan meminjam modal akad syirkah mudharobah (bagi hasil) 30% dari total keuntungan. Jadi misal ada anggota menggunakan dana 10 juta untuk mengerjakan sebuah proyek, dalam waktu dua bulan untung 5 juta.. Maka yang 1,5 juta diberikan bagi hasilnya ke Pokdal, modal yang 10 juta juga dikembalikan. Asetnya nambah kan jadinya.
Kalau rugi? 

Jika rugi karena bukan kelalaian pengguna maka dana dianggap total hilang dan kerugian ditanggung bersama semua anggota.

Jika rugi karena kelalaian pengguna, bisa disepakati modal dikembalikan dalam bertahap, tentu tanpa bunga, tanpa denda, tanpa provisi, tanpa pinalti. 

Ini harus disepakati bersama, peminjam pun wajib berkomitmen agar usahanya bener-bener dikelola dengan baik agar tidak merugi. Proposalnya harus jelas dengan perhitungan yang matang untuk didiskusikan di group PokDal itu. 

Positifnya adalah anggota tidak “nggampangke” (aaah dapat modal nih, kalo rugi kan modal dianggap hilang!) Naaah mental kayak gini yang bakal merusak PokDal. Ada sisi positif untuk bertanggungjawab penuh.

9. Pinjaman Darurat (PinDar) bisa diberikan untuk anggota jika butuh dana kesehatan, misal keluarga ada yang sakit butuh dana 3 juta, maka dana dipinjamkan dan diberi kesempatan 1 bulan untuk mengembalikan. Bisa juga uang hasil usaha dari mudharobah tadi dikumpulkan, jika ada anggota yang darurat bisa diberikan sebagian sebagai santunan.

10. Jika seluruh anggota berkomitmen dan tertib, dalam setahun 120 juta uang terkumpul, belum dari hasil mudharobah tadi. Makin lama makin banyak dana yang tersimpan.

11. Jangan menambah anggota di tengah jalan, bukan bank atau koperasi yang berlomba menambah nasabah dan anggota. Pegang komitmen 10 orang ini agar tidak ribet dalam pengelolaannya.

12. Jika ada anggota yang mulai tidak komit, pertemuan gak pernah datang, selalu pasif, atas kesepakatan bersama maka anggota tersebut bisa ditawarkan untuk mengundurkan diri. Kembalikan semua uang yang sudah dia simpan. Total 100 % tanpa bunga, denda atau potongan.

13. Jika mau mencari anggota pengganti agar genap lagi 10 orang, maka anggota baru tersebut harus memiliki visi yang sama, jangan asal comot, dan bersedia untuk menyimpan pinjaman yang kalau ditotal sama dengan anggota lama.

14. Jika ini bisa tertib, dalam 5 tahun PokDal ini akan punya dana senilai 600 juta, dalam 10 tahun ada 1,2 Milyar dan terus diputar kepada 10 anggotanya. Terus dan terus membesar!

15. Bayangkan jika disatu kota ada ratusan bahkan ribuan PokDal, saling support, saling bantu, saling mendoakan.. Ini keren! Gak ada yang terjerumus kepada pinjaman riba atau bahkan ke rentenir jalanan yang bunganya nyekek leher bikin sesek di dada.

16. Bisa disepakati juga, tiap tahun 10% dana yang terkumpul disedekahkan untuk modal kerja duafa di luar anggota, bisa juga untuk anak-anak panti asuhan dibuatkan usaha. Biar Pokdal ini juga punya kemanfaatan bagi masyarakat sekitar.

17. Berani mencoba? Mulai sekarang berburu anggotanya. Jangan terburu-buru, lihat latar belakangnya, kalau perlu datangi tempat usahanya, wawancara tentang visi hidupnya. Jelaskan aturan mainnya.

18. Jangan lupa berdoa, bersedekah juga dimuka, minta pada Allah dipertemukan dengan orang-orang yang sevisi agar bisa maju bersama di PokDal ini.

Aturan tambahan dan revisi bisa dibahas bersama di masing-masing PokDal, yang saya tulis hanya acuan saja. Silahkan dikembangkan sendiri dengan kelompoknya. Biar makin lengkap dan memenuhi keinginan semua anggota.

Semoga setahun lagi atau 5 tahun lagi sudah buanyak PokDal-PokDal mandiri yang berdiri di berbagai wilayah. Dengan nama-nama yang bebas dipilih sendiri, eksis bareng tanpa merugikan, tanpa menjatuhkan.

Berjamaah itu membuat kuat..

TRIK MENANGKAP TIKUS dengan Kopi Bubuk

1. Siapkan kira-kira 2 sendok kopi bubuk.

2. Cari lubang tempat persembunyian tikus.

3. Masukkan/taburkan bubuk kopi ke dalam liang tikus.

4. Tidak lama lagi tikus yang bersembunyi akan muncul kepalanya, dan menanyakan, “Kopi doang? Air panasnya mana?”.

5. Segera siramkan air panas ke kepala tikus tersebut… 

Harus cepet2 disiram, kalo nggak cepet dia nanyain gorengan juga… 

Yuk ngopi dulu.. ☕

Lowongan kerja: Transjakarta

6000 sopir & 6000 onboard bus Transjakarta dgn

fasilitas :

– Gaji 6,2jt utk Kopaja TransJakarta

– Gaji 7jt utk Bus TransJakarta

– Gaji 9jt utk Bus TransJakarta Gandeng

– Bpjs ketenaga kerjaan

– Bpjs kesehatan

– Asuransi kecelakaan

Syarat :

– SLTA dan sederajat

– tinggi laki2 163cm wanita 160cm

– usia min 19thun maks 30thun

– tdk berkacamata dan tidak buta warna

– fc ijazah terakhir

– fc ktp

– fc kartu keluarga

– pas photo berwarna 4*6 3lembar

– surat ket kesehatan dr RS pemerintah

– surat ket pengalaman kerja

– skck

– memiliki Sim B1 umum / B2 umum

– surat keterangan Tempat tinggal (domisili)

Tahapan seleksi

– seleksi adm

– tes kesehatan fisik

– psikotes

– wawancara

Kirim ke

PO BOX 1213 JKT 13015 atau

Email : hrd@transjakarta.co.id

Ternyata Rasul minum infuse water

Minumlah Air Rendaman Kurma, Inilah yg Akan Terjadi Pd Tubuh Anda

Air nabeez adalah air rendaman (infused water) kurma / kismis (raisins). Kurma or kismis di rendam dlm air masak semalaman (dlm wadah yg bertutup) & diminum keesokkan paginya.

Air nabeez ini merupakan kegemaran Rosulloh SAW. Nabi merendam beberapa butir kurma atau kismis (salah satunya) di dalam air matang dlm wadah bertutup selama 12 jam. Airnya diminum & buah kurma yang sudah lembut ditelan sekali telan.

Ada beberapa hadis yang menyebutkan tentang cara membuat air nabeez ini, slh satunya riwayat dr Imam Muslim sebagai berikut :

Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan utk Rasulullah SAW di dlm air minum yg bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hr & meminumnya di sore hr, or membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hr.” (H.R. Muslim)

Berbicara mengenai infused water. Orang barat baru sekarang faham & baru mempopulerkan khasiat infuse water ini. Tetapi Nabi Muhammad SAW. telah lama melakukan hal ini.

Dari segi kesehatan tubuh, buah kurma telah terbukti sebagai :

1. Pemberi & pemulih tenaga (inilah sebab mengapa kita disunahkan utk memakan buah kurma pd saat berbuka puasa).

2. Tinggi kandungan fiber ~ menghilangkan kolestrol jahat yang terkumpul di dlm tubuh. Sangat bagus dlm menghilangkan sembelit (atau meredakan & memulihkan diri dari sembelit).

3. Pemberi zat besi yg sangat bagus.

4. Kaya akan pottassium ~ penting dlm menjaga jantung & menstabilkan tekanan darah.
Khasiat air nabeez

Air nabeez adalah minuman beralkali, yg mampu menolong membuang kelebihan asam pd perut & memulihkan sistem pencernaan tubuh. Juga membantu badan utk menyingkirkan toksin yg berbahaya didlm tubuh, dgn kt lain berguna sebagai detox.

Disebabkan air nabeez tinggi akan kadar fiber, ia mampu membantu proses pencernaan yang baik & meningkatkan / menajamkan fikiran agar kita tidak mudah lupa.
Cara membuat air nabeez :

Rendamlah bbrp butir kurma (sebagusnya dlm bilangan ganjil) ke dlm air masak didlm segelas air. Alangkah baiknya dibuat pd wkt sore menjelang malam, & pastikan gelas rendaman kurma tersebut tertutup rapat. Keesokkan paginya (+ 8-12 jam setelah perendaman), air rendaman br boleh diminum & buah kurma hasil rendaman yg telah lembut ikut dimakan. 

Kurma yg baik digunakan utk membuat air nabeez adalah kurma ajwa. Tapi kalo tdk ada kurma ajwa bisa menggunakan buah kurma yg lainnya.

Kalau ingin membuat air nabeez dgn menggunakan buah kismis pun bs.

 Caranya ambil segenggam kismis, kemudian direndam dlm segelas air. & dibiarkan smalaman seperti membuat air rendaman kurma.

Kalau ingin meminum air nabeez di waktu pagi hari, siapkan rendaman kurma / kismis pd sore menjelang malam. & kalo ingin meminum air nabeez di wkt mlm, buatlah rendaman kurma / kismis di wkt pagi hr (+ 8 smp 12 jam perendaman).

Sebaiknya,

Hanya menggunakan 1 macam buah saja Kurma or Kismis – Jgn dicampur.

Air nabeez bila tersimpan di dlm lemari es bisa bertahan 1 hingga 2 hari.Tetapi dilarang meminum air rendaman kurma / kismis yg sudah memasuki lebih dr 3 hari, krn akan terjadi proses fermentasi, yg menjadikan, air rendaman kismis / kurma tersebut menjadi arak, & hukumnya haram tk diminum.

Lowongan Kerja: Facilitator Pesantren Ramadhan Anak

Mohon info dari Bapak/Ibu sekalian, pada kegiatan Ramadhan tahun ini rencananya kami ingin mengemas kegiatan ramadhan yang berkesan, bermanfaat dan fun untuk anak2 di sini. 

Oleh karenanya, jika ada ayah bunda yang berkenan memberi info call for facilitator berikut ini, kami sangat berterima kasih sekali.

Beberapa fakta tentang kegiatan ini:

➡ Lokasi kegiatan di komplek KPC Tanjung Bara, Sangatta, Kutai Timur Kaltim. Daerahnya sangat hijau, dekat hutan,pantai namun jauh dari kota. Suasana sangat asri dan banyak fasilitas outdoor.

➡ Jumlah anak yang dibina kurang lebih 25 orang dengan jumlah hampir sama komposisi putri dan putra

➡ Usia anak2 mulai dari 8 tahun sampai 15 tahun
Profil Mentor yang dibutuhkan:

✍ Kakak usia minimal 16 tahun boleh putra dan putri

✍ Memiliki wawasan keislaman dan pengetahuan umum yang cukup baik 

✍Suka belajar dan berinteraksi dengan anak2

✍ Bersedia tinggal di Sangatta selama 2 minggu

✍ Tartil membaca qur’an dan diutamakan jika memiliki hafalan lebih dari 1 juz

✍ Memiliki minat di dunia pendidikan dan bersedia diskusi tentang metode belajar bersama adik2

Fasilitas utk mentor terpilih:

🎁 Transportasi pp

🍰 Akomodasi dan konsumsi selama program

📝 Ilmu dan pengalaman

🎁 Kenang2an dan uang saku dari Masjid Bahrul Ulum Sangatta
Jika ada yang berminat silakan kirim profil diri dan surat ijin orang tua disertai essay tentang “Kegiatan Seru Bersama Adik-Adikku di Sangatta” ke email naila.tazkiyya@gmail.com

Untuk diskusi tentang lokasi dan kondisi peserta atau info lainnya dapat menghubungi Naila via sms atau wa di 08161401237

MASA IDDAH

Seorang pakar genetika Robert Guilhem mendeklarasikan ke islamannya setelah terperangah kagum oleh ayat-ayat Al-Quran yang berbicara tentang Masa Iddah ( yaitu masa tunggu selama 3 bulan bagi wanita, untuk boleh menikah lagi) bagi wanita Muslimah yang dicerai suaminya seperti yang diatur Islam.
Guilhem, membuktikan dalam penelitian nya, bahwa jejak rekam seorang laki-laki di tubuh wanita akan hilang setelah tiga bulan

Guilhem ini yakin dengan bukti-bukti ilmiahnya. Bukti-bukti itu menyimpul kan bahwa hubungan persetubuhan suami istri akan menyebabkan laki-laki meninggalkan sidik (rekam jejak) khususnya pada perempuan. 

Jika pasangan ini setiap bulannya tidak melakukan persetubuhan maka sidik itu akan perlahan-lahan hilang antara 25-30 persen. 

Dan, setelah tiga bulan berlalu, maka sidik itu akan hilang secara keseluruhan. Sehingga perempuan yang dicerai akan siap menerima sidik laki-laki lainnya. Bukti empiris ini mendorong pakar genetika Yahudi ini melakukan penelitian dan pembuktian di sebuah

perkampungan Afrika Muslim di Amerika.

Dalam penelitian nya, ia menemukan bahwa setiap wanita Muslim di sana hanya mengandung dari jejak sidik pasangan mereka saja. Sementara penelitian ilmiah di sebuah perkam- pungan lain di Amerika (perkampungan non Muslim) membuktikan bahwa wanitanya yang hamil memiliki jejak sidik beberapa laki-laki, dua hingga tiga. 

Artinya, wanita-wanita non Muslim di sana melakukan hubungan intim dengan laki-laki selain pernikahan yang sah. 

Yang mengagetkan sang pakar ini, adalah ketika dia melakukan penelitian ilmiah terhadap istrinya sendiri. 

Ternyata ia menemukan istrinya memiliki tiga rekam sidik laki-laki, alias istrinya berselingkuh. Dari penelitiannya, hanya satu saja, dari tiga anaknya berasal dari dirinya, yaitu setelah ia melakukan test DNA terhadap anak anaknya.

Setelah penelitian-penelitian yang dilakukannya, ia meyakini bahwa hanya Islamlah yang menjaga martabat perempuan, dan menjaga keutuhan kehidupan sosial.

“BAHWA WANITA MUSLIMAH, WANITA TERBERSIH DI MUKA BUMI”

Ia yakin bahwa, wanita Muslimah adalah wanita paling bersih di muka bumi ini.

Guru besar anatomi medis di Pusat Nasional Mesir, dan konsultan medis, Dr. Abdul Basith As-Sayyid menegaskan bahwa Robert Gelhem, pemimpin Yahudi di Albert Einstein College, dan pakar genetika ini mendeklarasikan dirinya masuk Islam, ketika ia mengetahui hakikat empiris ilmiah, dan kemukjizatan Al-Quran tentang penyebab penentuan iddah (masa tunggu) perempuan yang dicerai suaminya dengan masa 3 bulan.

Subhanallah wabihamdihii Subhanallahil’adziim…